Langsung ke konten utama

Proses penulisan Karya Ilmiah : Tahap Ke 3 - Menentukan Poin-Poin Bagian Pendahuluan

 

 

Nama : Sayid Adli Yakan

NPM : 202246500715

Kelas : R3J

Dosen Pengempu : Dr.Sn. Angga Kusuma Dawami M. Sn.


Poin-Poin Bahasan Pada Pendahuluan


Kebakaran hutan dengan hewan-hewan yang melarikan diri Raden Saleh (1814-1880) (Pelukis).

"De Indische Archipel", Den Haag, 1865-1876 berisi 24 litograf warna, dari benda no. 3728-430 s/d 3728-479

Pendahuluan

Pendahuluan merupakan bagian penting dari karya ilmiah. Bagian ini berfungsi untuk memberikan gambaran umum tentang topik yang akan dibahas dalam karya ilmiah. Bagian pendahuluan biasanya terdiri dari tiga subbagian, yaitu:

·         Latar Belakang

·         Rumusan Masalah

·         Tujuan Penelitian

Latar Belakang

Latar belakang berisi penjelasan tentang pentingnya topik yang akan dibahas dalam karya ilmiah. Latar belakang juga dapat berisi penjelasan tentang perkembangan penelitian sebelumnya yang berkaitan dengan topik tersebut.

Pada karya ilmiah yang membahas tentang lukisan "Kebakaran Hutan" karya Raden Saleh, latar belakang dapat berisi penjelasan sebagai berikut:

·         Lukisan "Kebakaran Hutan" adalah salah satu karya seni paling terkenal di Indonesia.

·         Lukisan ini menggambarkan pemandangan kebakaran hutan yang terjadi di Jawa pada abad ke-19.

·         Lukisan ini memiliki makna yang mendalam, yaitu menggambarkan kehancuran alam akibat kebakaran hutan.

Rumusan Masalah

Rumusan masalah berisi pertanyaan-pertanyaan yang akan dijawab dalam karya ilmiah. Rumusan masalah harus jelas, spesifik, dan terukur.

Pada karya ilmiah yang membahas tentang lukisan "Kebakaran Hutan" karya Raden Saleh, rumusan masalah dapat berisi pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut:

·         Bagaimana teknik melukis yang digunakan Raden Saleh dalam lukisan "Kebakaran Hutan"?

·         Apa makna yang ingin disampaikan Raden Saleh melalui lukisan "Kebakaran Hutan"?

·         Apa dampak dari kebakaran hutan yang digambarkan dalam lukisan "Kebakaran Hutan"?

Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian berisi pernyataan tentang apa yang ingin dicapai oleh penulis dalam karya ilmiah. Tujuan penelitian harus jelas dan terukur.

Pada karya ilmiah yang membahas tentang lukisan "Kebakaran Hutan" karya Raden Saleh, tujuan penelitian dapat berisi pernyataan sebagai berikut:

·         Untuk menganalisis teknik melukis yang digunakan Raden Saleh dalam lukisan "Kebakaran Hutan".

·         Untuk menginterpretasikan makna yang ingin disampaikan Raden Saleh melalui lukisan "Kebakaran Hutan".

·         Untuk menganalisis dampak dari kebakaran hutan yang digambarkan dalam lukisan "Kebakaran Hutan".

Berdasarkan penjelasan di atas, poin-poin yang dapat ditentukan dalam bagian pendahuluan karya ilmiah yang membahas tentang lukisan "Kebakaran Hutan" karya Raden Saleh adalah sebagai berikut:

·         Latar Belakang

o    Lukisan "Kebakaran Hutan" adalah salah satu karya seni paling terkenal di Indonesia.

o    Lukisan ini menggambarkan pemandangan kebakaran hutan yang terjadi di Jawa pada abad ke-19.

o    Lukisan ini memiliki makna yang mendalam, yaitu menggambarkan kehancuran alam akibat kebakaran hutan.

·         Rumusan Masalah

o    Bagaimana teknik melukis yang digunakan Raden Saleh dalam lukisan "Kebakaran Hutan"?

o    Apa makna yang ingin disampaikan Raden Saleh melalui lukisan "Kebakaran Hutan"?

o    Apa dampak dari kebakaran hutan yang digambarkan dalam lukisan "Kebakaran Hutan"?

·         Tujuan Penelitian

o    Untuk menganalisis teknik melukis yang digunakan Raden Saleh dalam lukisan "Kebakaran Hutan".

o    Untuk menginterpretasikan makna yang ingin disampaikan Raden Saleh melalui lukisan "Kebakaran Hutan".

o    Untuk menganalisis dampak dari kebakaran hutan yang digambarkan dalam lukisan "Kebakaran Hutan".

Pemilihan poin-poin tersebut harus disesuaikan dengan fokus dan tujuan penelitian.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seni adalah sebuah keindahan

Keindahan dalam seni Sayid Adli Yakan  202246500715 R3J Seni adalah sebuah keindahan yang diciptakan tuhan yang bisa juga lewat manusia seperti dalam karya-karya ini menurut saya seni ini adalah kekaguman yang luar biasa terhadap sesuatu yang diekspresikan dengan karya yang tidak hanya sebuah lukisan namun juga objek2 yang ada di sekitar kita atau sesuatu yang diluar nalar dijadikan sebuah karya seni. berikut adalah karya-karya yang saya abadikan momentnya dan juga alasan mengapa saya memilih karya tersebut dan juga termasuk jenis apa karya tersebut menurut saya. 1. ARAHMAIANI Lukisan ini memperlihatkan seorang perawat yang membawa suntikan dan juga sebuah pecut menurut saya yang menandakan bahwa seseorang pasien yang sakit wajib kita tangani dan ini masuk kategori seni yang unik.  karena banyaknya pesan-pesan yang ingin disampaikan kepada kawan2 semua bahwa seberapa parahnya sebuah penyakit kita harus berusaha menyembuhkanya.  menurut teori mimesis : pelukis sedang memperlihatkan seor

Penulisan Artikel Tahap 1 - Teori dan Rumusan masalah pada karya seni Austin Howlett

Nama          : Sayid Adli Yakan Kelas        : R3J NPM         : 202246500715 Mata Kuliah  : Filsafat Seni Dosen Pengampu : Dr. Sn. Angga Kusuma Dawami, M. Sn. Lukisan yang menggambarkan Manusia menyatu dengan alam Artist Austin Howlett Pendahuluan  Austin Howlett adalah salah satu artis terkenal saat ini, dia  berspesialisasi dalam lukisan cat minyak. menurut Austin Howlett  Persepsi kita terhadap realitas disaring oleh emosi dan pemikiran unik dan hubungan ini menciptakan identitas kita. Karya seni sayaberusaha untuk mengekspresikan realitas yang kita rasakan dengan menggali hubungan antara manusia dan alam. Saya berusaha untuk menggambarkan hubungan emosional mendalam yang mengikat umat manusia dengan alam sedemikian rupa sehingga memungkinkan adanya refleksi diri dan pengakuan atas identitas alam.tuturnya di website resmi miliknya Austinhowlet.com  Penjelasan karyanya  Penjelasan karyanya representasi dia tentang manusia yang menyatu dengan alam menafsirkan lingkungan yang dinamis

Tugas 1 Filsafat Seni - Sayid Adli Yakan 202246500715

1. Seni apa yang mempengaruhi hidupku? Jawab : seni yang mempengaruhi hidupku adalah cara berpikir, ketika orang-orang lain berpikir tentang ini aku akan mencari jawaban yang berbeda dari yang lain. menurutku itu saja sudah menjadi seni itu sendiri. 2. Mengapa harus mengambil kuliah jurusan seni? Jawab : aku pernah gagal di kuliah sebelumnya dan merasa itu bukan passion saya, selama 2 tahun saya berpikir dan mencari passion saya dimana dan saya seperti apa. saya suka flashback tentang masa lalu dan saya menemukan saya menyukai seni itu sendiri dari saya kecil yang dimana saya menyukai hal-hal seni walaupun saya tidak bisa tapi saya berpikir, dan ketika saya masuk ke dkv ini skill seni saya semakin terasah dan saya makin menyukai seni. 3. Bagaimana cara kita bisa terjun kedalam dunia seni? tanpa harus melenceng dengan pikiran-pikiran yang bebas itu?  Jawab : pertama-tama kamu harus mempunyai dasar atau keteguhan diri sendiri, bisa dibilang mempunyai prinsip hidup, jangan gampang terbawa